Jumat, 21 September 2012

Instalasi linux Debian

Cara Menginstalasi Linux Debian


1. Ini adalah tampilan awal dari "Linux Debian"

Pilih "Install" untuk memulai instalasi Linux Debian



2. Di bagian ini kita akan memilih bahasa

pilih bahasa yang menurut anda mudah 



3. Setelah masuk dipemilihan bahasa, kini anda masuk dalam pemilihan negara

pilih "Other > Asia > Indonesia"







4. Dan ini adalah proses Scanning CD-room

 



5. Pada proses selanjutnya adalah proses konfigurasi jaringan DHCP. Anda bisa membatalkan proses ini, dan mengatur konfigurasinya secara manual. Karena, proses ini membutuhkan koneksi internet jika kita mengaturnya secara otomatis.





6. Disini kita memilih waktu, Pilihlah kota yang sesuai dengan tempat tinggal anda





7. Ini adalah proses pemartisian pada harddisk




8. Lalu scanning hard disk dan memilih partisi hard disk yang akan dipasangi Debian 5 Lenny. Gunakan ext2 untuk /home dan ext3 untuk /root, serta Swap Area untuk membantu RAM. Setelah melakukan pilihan pada hard disk, dan menentukan 

 titik mounting hard disk tersebut, lanjutkan dengan memilih selesai memilih partisi hard disk.















9. Proses selanjutnya adalah format partisi hard disk yang telah dipilih, serta format partisi hard disk yang digunakan sebagai swap. Setelah formating, proses selanjutnya adalah memasang sistem dasar pada partisi yang telah dipilih.






 10. Proses berikutnya adalah menentukan password untuk root, Nama lengkap anda, nama user anda, dan password user.
















11.Proses selanjutnya adalah konfigurasi pengelola paket. Pada proses ini, akan anda scanning DVD Debian yang lain, atau lebih tepatnya Repository Debian. Jika anda memiliki 4 DVD Repo Debian, anda bisa memilih untuk scan DVD yang lain, dengan cara memilih Yes. Setelah anda selesai scanning semua DVD Debian, masukkan kembali DVD Debian Disk 1, untuk melanjutkan konfigurasi pengelola paket. 











12. Setelah proses konfigurasi selesai, maka anda akan disediakan pilihan paket Debian yang akan anda install. Secara default, paket yang terinstal adalah Debian Desktop. Anda bisa memilih paket lain dengan cara memilihnya menggunakan tombol spasi. Setelah selesai memilih paket, tekan enter untuk melanjutkan instalasi dan memasang paket yang telah anda pilih.


   









 13.  Setelah selesai memasang Software atau paket yang telah anda pilih, proses selanjutnya adalah memasang grub. Pilih Yes jika anda ingin menginstal Grub. Atau, anda bisa menggunakan Lilo.  










14. Setelah anda selesai menginstal Grub, proses selanjutnya adalah menyelesaikan instalasi. Setelah selesai, maka komputer, laptop atau notebook anda akan meminta untuk restart. Setelah restart, anda bisa menggunakan Debian 5 yang telah anda install.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar